Belajar dari Gerakan Islam Abad 20

Murthada Muthahhari membahas dalam buku ini struktur rinci gerakan pembaharuan dalam sejarah Islam disertai analisis filsafat sejarahnya. Kepemimpinan adalah karakter utama dalam gerakan. Tokoh yang menonjol yang dibahas adalah Sayyid Jamaluddin Al-Afghani, syekh Muhammad Abduh, Muhammad Iqbal.

Gerakan pembaharuan mereka hadir merespon situasi krisis gerakan Islam dalam dinamika intelektual, spiritual dan sosial yang berhadapan dengan dominasi pemikiran Barat sekuler dan materialistik serta kaum oportunis. Muthahhari menekankan bahwa dalam gerakan memeng membutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai pandangan dunia Islam, pemahaman yang universal tentang semesta dan secara empiris mengerti problem sosial-etik dunia modern serta kemampuan metodologis dalam merumuskan skema gerakan.

Pemahaman gerakan Muthahhari secara praktis mewakili pandangan teoritisnya mengenai skema intelektual dan transformasi sosial serta revolusi budaya Islam. Kita berharap dapat merefleksikan dan meletakan dasar-dasar gerakan tersebut dalam konteks keindonesiaan dalam bingkai yang objektif dalam tataran kebangsaan dan religiusitas yang berdasarkan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.”