Dialog Antar Iman; Membangun Jembatan Kepercayaan

Saya termasuk salah satu di antara orang-orang yang beruntung yang dapat mengecap kelezatan dialog dari Muhamad Jawad Chirri. Saya adalah orang pertama yang ditata dan diubah, kendati saya tidak pernah mempercayai ajaran kristen, akan lebih jelas bila saya katakan bahwa saya belajar mempercayai Tuhan untuk yang pertama kali melalui Islam oleh imam saya (Chirri). Bila Anda seorang Muslim, bacalah buku ini di luar kewajiban untuk memperoleh pengetahuan. Jika Anda seorang Yahudi atau Kristen, bacalah buku ini untuk hal yang sama yaitu belajar mempercayai Tuhan.”

Kutipan di atas merupakan testimon dari Wilson H. Guertin, Ph.D dari University of Florida mitra wicara dari Muhammad Jawad Chirri dalam buku ini. Perbincangan mereka yang hangat, yang terekam dalam buku ini, menandakan bahwa persoalan iman sesungguhnya bisa didialogkan dengan kepala dingin dan sejuk.

Diterjemahkan dan dinarasikan kembali dari buku Inquiries about Islam, kita akan menemukan suasana keagamaan yang menarik untuk disimak bagi para pemerhati keagamaan mengenai masalah keimanan, sesuatu yang nyaris lupa untuk diperbincangkan dengan pikiran jernih. inilah karya yang diharapkan bisa menjebatani anatara dua pemeluk keimanan yang berbeda, sehingga pada gilirannya tidak ada persepsi dan aksi yang keliru dalam menyikapi keimanan yang berbeda.