Dakwah Sufistik Kang Jalal

Buku ini mengupas metode dakwah sufistik Prof. Dr. KH Jalaluddin Rakhmat, Cendikiawan dan mubaligh yang dianugrahi keahlian menulis lincah dan kemampuan retorika menawan.

Menenteramkan jiwa, mencerahkan Pikiran Jalaluddin Rahmat—selanjutnya akan menggunakan sapaan akrabnya yaitu Kang Jalal adalah satu di antara cendekiawan Muslim Indonesia yang memiliki komitmen dengan dunia dakwah. Ia seorang doktor di bidang politik dari Australia National University (ANU), Canberra, namun sehari-hari lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai mubaligh atau ustaz dan ahli komunikasi dibanding sebagai ahli politik atau politisi.

Kini mubaligh yang intelek itu telah memilih dakwah dengan materi dan pendekatan tasawuf, layaknya para mubaligh terdahulu yang telah berhasil menyebarkan Islam di tengah masyarakat dengan keteladanan dan keluhuran budi mereka. Setelah kurang lebih 30 tahun berdakwah dengan berbagai metode dan pendekatan dan telah mengalami berbagai pengalaman, nampaknya kini Kang Jalal lebih tertarik untuk menekuni dakwah sufistik, yang menurutnya lebih menenangkan, menenteramkan hati dan tidak mengundang kontroversi layaknya dakwah dengan pendekatan fiqih yang rentan dengan perbedaan pendapat (khilafiyah). Kang Jalal Merespons kebutuhan masyarakat itu dengan menawarkan kajian-kajian tasawuf secara intensif melalui pusat kajian tasawuf yang ia dirikan. Nampaknya apa yang dilakukan Kang Jalal mendapat respons positif dari masyarakat. Inilah di antaranya yang akan di kaji oleh buku ini. Buku ini menawarkan pendekatan baru dalam berdakwah.

Tag: