Belajar Mudah Tasawuf

Tasawuf dan Islam tak dapat dipisahkan. Sama halnya, kesadaran batin yang lebih tinggi atau kebangkitan tak dapat dipisahkan dari Islam. Tasawuf adalah jantung Islam. Usianya setua masa bangkitnya kesadaran manusia.

Buku ini menyajikan suatu tinjauan menyeluruh tentang makna tasawuf. Asal usul dan berbagai praktik tasawuf, juga latar belakang sejarahnya yang bermula di Timur kemudian menyebar ke berbagai dunia lainnya. digambarkan dengan jelas. Lebih jauh, dengan cermat buku ini menunjukkan sejumlah kesalahpahaman tentang tasawuf, juga kesalahan dalam bertasawuf seperti yang dilakukan sebagian mutasawif. Dengan ini, buku ini sekaligus hendak menunjukkan bahwa para sufi adalah pengemban Islam yang hakiki.

“Tasawuf hanya muncul bila pelanggaran terhadap Islam sudah merajalela. Sebaliknya, bila tidak terjadi pelanggaran, tasawuf dan Islam yang hakiki adalah itu­-itu juga.”

Penulis buku ini, Syekh Fadhlullah Haeri, adalah seorang filosof yang menggabungkan pada dirinya pengetahuan dan pengalaman tentang ajaran­ajaran spiritual dari Timur dengan pemahaman yang tajam dari Barat. Buku­buku dan tulisannya memungkinkan Islam asli diperoleh dengan penekanan pada ajaran makrifatnya.