Beranda Salat

Secara tradisional, para ulama membagi ajaran Islam pada tiga matra tak terpsahkan : akidah, syariah, dan akhlak, atau dalam perspektif lain, iman, islam, dan ihsan Setelah seseorang menetapkan akidah saw sebagai rasulnya, maka kewajiban berikutnya adalah menunaikan perintah-perintah syariah seperti shalat, puasa, dan seterusnya.

Perintah syariah terpenting dalam Islam adalah shalat, yang diawali dengan thaharah dalam bentuk wudhu, tayamum, ataupun mandi besar (junub). Taharah lahiriah berfungsi untuk menyucikan najis-najis yang mungkin masih melekat pad atubuh pada seorang pelaku shalat. Taharah jenis ini berurusan dengan masalah batal atau tidaknya shalat. Akan tetapi, taharah batiniah pun perlu dikondisikan guna mendapatkan pengabulan dari Zat yang Disembah itu sendiri.

Sesungguhnya bentuk-bentuk ibadah dalam islam dimaksudkan agar manusia mendapatkan pengetahuan (makrifat) ketuhanan dalam beebagai levelnya. Sementara pengetahuan itu sendiri hanya bisa diperoleh melalui kesucian. Benar, pengetahuan dan kesucian adalah dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Karena itulah, penulis Beranda Shalat, Muhammad Wahidi, menuliskan dua tema dalam buku, yakni kesucian dan kenajisan dalam aspek lahir dan batinnya sebagai “beranda” menuju shalat itu sendiri.

Tag: ,