Tafsir Surat-Surat Pilihan Mengurai Kandungan Ayat-Ayat Qurani

Mengungkap makna, kandungan, dan hikmah Alquran sungguh merupakan suatu pekerjaan yang tidak mudah. Menyampaikan ‘pesan’ Allah—Dzat Yang Tak Terbatas—ke dalam pemahaman manusia—yang sangat terbatas—tidak saja memerlukan suatu kearifan, ilmu, ketulusan hati dan kebersihan jiwa, tetapi lebih dari itu, menuntut adanya ‘kedekatan’ antara makhluk dengan Khaliq-nya.

Meski begitu, tidak berarti bahwa upaya tersebut harus terhenti. Terbukti bahwa, sejak dulu hingga sekarang, upaya penafsiran Alquran masih terus berlangsung¬†Murtadha Muthahhari,¬†salah seorang ulama terkemuka abad ini—yang tak diragukan lagi, memiliki semua syarat tersebut—menyumbangkan pemikirannya yang amat berharga bagi kita dalam bentuk buku Tafsir Surat-surat Pilihan ini.

Menampilkan beberapa surat pendek dalam Alquran. Muthahhari secara menarik berhasil mengungkap hikmah surat-surat tersebut. Dan karena surat-surat yang dibahas merupakan surat yang sangat akrab dan paling sering kita baca, maka buku ini menjadi sangat istimewa, terlebih karena Muthahhari berhasil menampilkan sisi hikmah yang sering kali luput dari pembahasan para penafsir lain.