All for Joomla All for Webmasters

Tentang Kami

Pustaka Syiah merupakan tempat baca dan download buku-buku Syiah yang pernah terbit, baik dalam bahasa Indonesia, Arab, maupun Inggris. Ia hadir untuk menyediakan referensi-referensi digital buku-buku dari mazhab Syiah—selaku salah satu cabang Islam utama di samping Ahli Sunnah.

Tujuan dari Pustaka Syiah adalah membuka “pintu” khazanah intelektual dan spiritual dalam tradisi Syiah yang sangat kaya dan telah ada sejak lama—namun barangkali tertutup bagi beberapa orang—agar dapat terjangkau oleh siapa saja. Sebagaimana diketahui, secara faktual, Syiah memiliki khazanah intelektual dan spiritual yang demikian kaya dan luas, merentang dari Ushul Fikih, Ulumul Hadis, Ulumul Qur’an, dan Kalam, hingga Filsafat, Tasawuf, dan Sastra. Dan dari mazhab ini pula, ribuan tokoh dari filosof, mufasir, teolog, fakih, perawi, seniman, hingga sufi, pernah hadir dan mengisi panggung sejarah Islam.

Khazanah-khazanah ini melengkapi khazanah-khazanah lain dari mazhab Islam yang lain. Mazhab-mazhab yang terdapat dalam dunia Islam oleh Hossein Nasr, pemikir Sufi dan Filsuf Islam kontemporer, disimbolisasikan dengan sebatang pohon yang hidup dan berumur 14 abad. Akar-akarnya yang kukuh menjadi tempat tumbuh yang memberi makanan dan minuman pada pohon dan membuatnya menumbuhkan banyak cabang.

Akar-akar itu tertanam melalui wahtu qurani dan tauhid, dan batang serta cabang-cabangnya membentuk seluruh apa yang telah menjadi Islam berabad-abad. Meskipun cabang-cabang dan ranting-rantingnya berbeda satu sama lain, semua berasal dan menyatu pada batang yang sama yang tumbuh dari akar-akar yang sama. Cabang-cabang itu adalah aliran-aliran, mazhab-mazhab, dan kelompok-kelompok yang membentuk Islam.