All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Tadarus Akhlak : Etika Qurani dalam Surah Al-Hujurat

Tadarus Akhlak : Etika Qurani dalam Surah Al-Hujurat



Dari ayat 114 yang tercantum dalam al-Quran, surah al-Hujurat memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri. Salah satunya adalah kandungan pembelajaran Akhlak dan Etika yang dikandung oleh surah ke-49 ini bisa terbilang utuh dibandingkan surah-surah al-Quran lainnya. Ranah etika yang dikupas oleh surah ini pertama-tama bagaimana seorang muslim bersikap kepada Allah dan Rasul-Nya, sesuatu yang jarang kita perhatikan. Berangkat dari sana, penulis, Prof J. Subhan―pakar al-Quran di Timur Tengah—mengajak pembaca untuk mendalami persoalan etika Qurani untuk diterapkan di tataran individual dan sosial.
Selain etika, persoalan keimanan dan hukum menjadi sorotan utama surah ini. Masalah-masalah sosial seperti keharusan meneliti kabar dari orang fasik, kewajiban melakukan islah, larangan mencaci, menghina, larangan berburuk sangka, bergunjing dan memfitnah dan lain-lain juga disorot dengan perspektif yang lebih luas.
Sebuah karya yang luar biasa !
“Barangsiapa yang membaca surah al-Hujurat setiap malam atau setiap hari, dianggap sebagai orang yang berziarah kepada nabi Muhammad saw.” (HR. Ja’far Shadiq)


Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Ja’far Subhani

    Penerjemah

    Titik Etriana & Khalid Sitaba

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Penerbit Citra

    Halaman

    276