All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Syiah : Ajaran dan Praktiknya

Syiah : Ajaran dan Praktiknya



Belakangan ini fenomena kekerasan atas nama agama di Indonesia makin masif. Terakhir, misalnya, di penghujung 2011 kaum muslimin di Indonesia dikejutkan oleh tragedi Sampang, yang menurut sejumlah kabar merupakan pertikaian antara Islam Sunni dan Islam Syi’ah. Meskipun akar permasalahannya masih simpang siur -karena sumber lain menyebutkan bahwa tragedi ini murni persoalan keluarga- namun memperbincangkan secara akademis ilmiah kedua mazhab ini semestinya tidak ditabukan.

Jika tidak ingin agama ditinggalkan, lantaran diselewengkan karena kesalahan tafsiran atau faktor lainnya, perlu pendekatan baru seperti dialog dalam memahami berbagai keyakinan dan mazhab yang berbeda. Dengan begitu, kita tidak mudah mencap vonis “aliran sesat”, “kafir”, ahli bid’ah ataupun “musyrik” kepada pihak yang berbeda paham dengan mayoritas.

Di sinilah relevansi kehadiran buku Syi’ah: Ajaran dan Praktiknya. Penulisnya, Syekh Ja’far Subhani, memaparkan berbagai persoalan ushuluddin dan furu’uddin sebagaimana yang dipahami oleh Islam Syi’ah seperti penetapan keberadaan dan keesaan Tuhan, kemaksuman Nabi dan para Imam, hari akhir, lima salat fardu, sujud atas tanah, dan seterusnya yang sering disalahpahami oleh banyak orang.

Buku ini mengajak sesama muslim untuk memahami Islam bukan dalam koridor sempit dan eksklusif. Sehingga pada akhirnya dapat menerima Islam mazhab lain, seperti Syi’ah, sebagai sebuah realitas sejarah. Selamat membuka pikiran!


Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Ja’far Subhani

    Penerjemah

    Ali Yahya & Heydar Ali Azhim

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Nur Al-Huda

    Halaman

    300