All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Supersalat Fikih 5 Salat Dalam 3 Waktu

Supersalat Fikih 5 Salat Dalam 3 Waktu



“ustaz, bolehkah saya menjamak salat maghrib denga salat isya diwaktu isya, soalnya kalau saya pulang kerja waktu maghrib suka terlewat?”
“Ustaz, bolehkah saya menjamak salat zuhur dan ashar atau salat maghrib dan isya, padahal tidak berpergian, tidak sakit, tidak hujan?”
Barangkali pembaca sering menemukan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Ya, persoalan menjamak salat seperrtinya sudah menjadi bagian dari kompleksitas kehidupan modern, terutama daerah perkotaan. Dengan aktivitas perekonomian yang luar biasa, ibadah solat seakan akan “menganggu” waktu produktif orang orang kota dalam bekerja. Muslim yang punya kepedulian terhadap salat, seperti buruh buruh pabrik, pekerja professional, supir taksi dan lainnya. Acap kali mengalami dilemma antara menuntaskan pekerjaanya tetapi ketinggalan salat ataukah tetap salat tetapi kehilangan pendapatan.
Dalam buku ini pembaca akan menemukan betapa sebetulnya Islam sangat visional atas masalah tersebut. Melalui dalil al-Quran maupun riwayat Nabi saw, sesungguhnya seorang muslim dapat saja menggabungkan dua waktu salat (baik zuhur dan ashar maupun maghrib dan isya) apabila kondisi memang menuntut demikian.
Buku “supersalat”: Fikih 5 salat fardhu dalam 3 waktu ini ditulis untuk memberi solusi kepada mereka yang sering terkendala dalam hal boleh-tidaknya menjamak salat. Melalui metode takhrij hadis, pembaca dapat menyimpulkan bahwa islam ternyata sangat fleksibel dan progresif dalam menjawab kebutuhan umatnya.

Muhammad Babul Ulum adalah penulis dan penerjemah untuk beberapa buku. Diantara karyanya adalah mashdar al-tasyri’ inda madzhab al-Ja’fariah (2011), ka’bah dalam cengkraman Abu Lahab (2002) Tafsir Doa Nabi Khidir, Filsafat moral islam (Al-Huda, 2004) dan seterusnya. Kini dia sedang mengambil program doctoral di UIN ciputat.


Categories: , .
Tags: , , .

Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Muhammad Babul Ulum

    Penerjemah

    Unknown

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Penerbit Citra

    Halaman

    305