All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Sistem Politik Islam : Sebuah Pengantar

Sistem Politik Islam : Sebuah Pengantar



Islam adalah sebuah agama dan ideologi yang kemunculannya mampu menggeser semua ideologi yang ada di tengah umah manusia. Di pentas sejarah, Islam memancar sebagai agama yang diturunkan pada era akhir zaman guna mengatasi aneka rupa problem manusia, yang menawarkan jalan kebahagiaan bagi individu dan masyarakat yang pengaruhnya menerobos kehidupan duniawi fana, menebar aroma kebahagiaan kekal akhirat.

Di era ketika sosialisme dan komunisme menabrak jalan buntu setelah eksis selama 70 tahun dan tidak sedikit komunitas masyarakat kecele dan akhirnya mengabaikan kehidupan politik, lalu Barat pun gencar menjajakan demokrasi liberalnya sebagai satu-satunya resep untuk menjamin kebahagiaan dan kesejahteraan manusia, serta menebar klaim bahwa dengan ideologi itulah sejarah akan menapak tahap kesempurnaan. Karena itu, sudah sewajarnya jika penjelasan tentang teori sistem politik Islam secara argumentatif ditawarkan kepada setiap khalayak pendamba keadilan dan kebenaran.

Buku Sistem Politik Islam : Sebuah Pengantar susunan Ali Asgar Nurati ini menguraikan serangkaian kajian politik yang difokuskan pada masalah pengelolaan masyarakat juga dan disusun sebagai sebuah buku pelajaran dan analisis yang menandai untuk menjawab berbagai sorotan kritis terhadap sistem politik Islam dan konsep Wilayah al-Faqih.

Buku ini disusun menjadi tiga bagian sebagai berikut: pertama, mengetengahkan Gambaran Umum dan Konsepsi, yang disajikan dalam tiga bab; Literasi dan Konsepsi, Jenis-Jenis Sistem Politik, dan Dasar-Dasar Sistem Politik. Kedua, menyajikan tiga bab yang mengupas sistem politik Islam dari aspek urgensi pendirian, tujuan, prinsip, serta sejarah perkembangan politik Islam. Ketiga, membahas dan menganalisis secara detail sistem politik Wilayah al-Faqih sebagai manifetasi pemerintahan ISlam. Bagian ini tersaji dalam enam bab : Kedudukan Wilayah al-Faqih (mengacu pada urgensi dan argumentasi), Landasan (legitimasi dan ekseptabilitas), Syarat-Syarat Pemimpin, Penentuan Pemimpin, Kewenangan Pemimpin dan Metode Pengelolaan Sistem Politik Islam


Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Ali Asgar Nusrati

    Penerjemah

    Muza Muzauwir

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Nur Al-Huda

    Halaman

    464