All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Shalat Ahli Makrifat

Shalat Ahli Makrifat



Shalat dan juga semua ritus ibadah lainnya memiliki aspek batin, inti, dan hakikat yang berbeda dari bentuk dan aspek lahiriah. Kebenaran pernyataan ini bisa dipahami dari salah satu hadis Nabis saw. berikut ini: “Dua orang dari umatku mengerjakan shalat. Rukuk dan sujud mereka sama, tetapi di antara shalat mereka berdua ada perbedaan sejarak langit dan bumi.”

Bagi ahli makrifat, shalat adalah kendaraan (buraq) dan tangga mikraj menuju hadirat Allah. Selama shalat seseorang masih berupa “bentuk shalat” dan tidak sampai pada batin dan rahasianya, maka ia masih tetap sekadar “bentuk manusia” dan tidak sampai pada hakikat manusia.

Ada kalnya ibadah-ibadah yang telah kita lakukan selama lima puluh tahun atau lebih—sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi saw.—tidak berpengaruh baik pada hati kita, namun justru memperburuknya. Dan karena itu pula shalat yang selama ini kita lakukan, yang semestinya mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar tidak pernah mengantarkan kita ke salah satu maqam kerjernihan. Padahal, setiap ibadah dalam Islam semestinya memiliki pengaruh yang membekas di dalam hati, karena adanya jalinan dan hubungan alamiah antara dimensi lahiriah dan natiniah manusia, antara yang tampak dan yang tersembunyi.

Aspek batiniah bacaan dan gerakan dalam shalat itulah yang dibahas dalam buku ini. Buku ini adalah “hadiah agung” dari Imam Khumaini kepada putranya, Ahmad, yang keduanya kini telah tiada. Warisan agung ini sangat pantas disimak dan terlalu berharga untuk dilupakan oleh setiap Muslim.


Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Imam Khomeini

    Penerjemah

    Irwan Kurniawan

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Pustaka Hidayah

    Halaman

    264