All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Sejarah Lengkap Al-Quran

Sejarah Lengkap Al-Quran



Sebagai anggaran dasar dan buku induk Islam, ia menjadi sumber utama keyakinan, etika dan hukum. Karena ia bukan karya manusia, maka ia mesti dapat menjawab semua pertanyaan. Lebih dari itu, sejarahnya (diharapkan) tidak membingungkan apalagi membuka celah keraguan dan kecurigaan.
Tapi, tahukah Anda bahwa terdapat banyak versi yang berlainan (kontroversi) di balik proses pengumpulan dan penulisannya? Nabi tidak memerintahkan sahabatnya mengumpulkan Al-Quran pada masa hidupnya? Benarkah teks-teks mulia itu dikumpulkan secara tergesa-gesa beberapa puluh tahun sejak wafat Nabi saw? Sejauh mana kecermatan ‘panita penulisan’ yang dibentuk di tengah kecaman politik pasca Nabi saat itu? Berapa versi bacaan Al-Quran? Apakah penentuan salah satu versi bacaan sebagai sebuah ‘keputusan politik’? adakah teks-teks yang ditengarai tidak muat karena kelalaian? Apa kaitan antara gugurnya para prajurit penghafal al-Quran dalam ekspansi ke luar Hijaz dan inisiatif pengumpulan al-Quran?
Tentu, sekedar menduga-duga tidaklah cukup untuk menyelesaikan teka-teki sepanjang masa ini. Diperlukan sebuah kajian mendalam dan penjelasan yang benar-benar strong sekaligus komperhensif untuk mengikuti secara seksama reka-ulang pengumpulan kitab suci ini.
Sungguh disayangkan, bila Muslim tidak tahu sejarah kitab sucinya.


Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Ayatullah Hadi Makrifat

    Penerjemah

    Thaha Musawa

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Nur Al-Huda

    Halaman

    316