All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Sejarah Hadis

Sejarah Hadis



Dalam ruang-hidup kaum muslim ada pedoman yang dijadikan pegangan hidup: al-Quran dan Hadis Nabi. Yang terakhir terhimpun dalam kitab-kitab hadis seperti shahih Bukhori dan Shahih Muslim. Pedoman pertama, al-Quran, telah melahirkan berbagai bidang ilmu yang terkait dengannya seperti tajwid, tafsir, balaghah, ma’ani, dan lain-lain. Demikian juga pedoman kedua, Hadis, memunculkan berbagai bidang keilmuan yang terkait dengannya seperti musthalah al-hadits, kritik sanad, kritik matan dan sebagainya.
Kedua pedoman tersebut tidak bisa dipisahkan kerena keduanya merupakan satu paket. Kewajiban-kewajiban syariat, misalnya, bersifat umum tidak biasa kita ketahui selain mellalui hadis nabi saw. Tata cara salat tidak kita temukan dalam al-Quran. Dari mana kewajiban salat kita ketahui? Dari hadis-hadis nabi saw, tentunya, yang membentuk apa yang disebut sunnah. Demikian juga, tidak setiap hadis bisa kita terima apabila itu berlawanan dengan semangat dan ajaran al-Quran.
Di sinilah pentingnya pembaca menelaah Sejarah hadis karya Dr. Majid Ma’arif ini. Di dalamnya, penulis merekam sejarah perkembangan hadis- dengan segala pernak-perniknya-yang muncul dari Rahim Islam Sunnah dan Islam Syi’ah. Pembaca akan menemukan kekayaan khazanah pengetahuan Islam di bidang hadis melalui buku ini. Melalui metode perbandingan yang dipakai, pembaca diajak untuk berpikir kritis sekaligus bijak dalam menyikapi perbedaan yang kian hari kian merosot di Tanah Air.
Kendati buku ini merupakan buku-ajar di tingkat sarjana dan pascasarjana, pembaca umum dan peminat karya-karya keislaman direkomendasikan untuk membaca buku ini untuk memahami lebih jauh pedoman hidup kaum muslim. Selamat berpikir terbuka!


Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Dr. Majid Ma’arif

    Penerjemah

    Abdillah Musthafa

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Nur Al-Huda

    Halaman

    460