All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Ratapan Suci

Ratapan Suci



Islam sangat kaya dengan khazanah doa dan munajat. Sejumlah khazanah doa dan munajat itu dianjurkan dibaca pada waktu-waktu tertentu seperti doa tawasul, doa kumail yang dibaca setiapp malam jumat atau pada malam nisfu sya’ban, doa dan munajat harian dari Imam Ali Zaenal Abidin, ataupun doa al-ahd (sumpah setia).
Buku yang ada di tangan Anda ini adalah syarah (penjelasan) atas doa Kumail ataupun doa Nabi Khidir as.dinamakan doa Kumail karena doa ini diajarkan oleh Imam Ali kepada Kumail, sahabat setianya. Di sisi lain, Imam Ali sendiri mengambil doa ini dari Nabi Khidir. Karena itulah, ia disebut juga doa Khidir.
Mengapa diberi judul Ratapan Suci Para Sufi? Karena kandungan doanya yang sangat menjeluk dan sufistik (baca: Irfani). Sufi adalah istilah popular untuk ‘arif billah (orang yang mengenal Allah). Seorang nabi ataupun imam pastilah seorang ‘arif. Khidir, Ali bin Abi Thalib, dan Kumail bin Ziyad adalah para ‘arif billah dengan derajat mereka masing-masing. Merekalah para sufi sejati yang mengajak manusia untuk menghamba kepada Tuhan, di antaranya melalui doa ini.
Dr. Muhammad Fana’I Eskavari, penyusun syarah, mengajak kita untu menghayati muatan doa ini agar kita pun bisa “mengenal Allah”.


Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Dr. M. Fana’i Eskavari

    Penerjemah

    Salman Fadhlullah

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Nur Al-Huda

    Halaman

    212