All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Politik Khomeini: Wajah Etika Islam

Politik Khomeini: Wajah Etika Islam



Revolusi Islam Iran pada tahun 1979 telah melahirkan kajian kajian di kalangan para ulama dan sarjana peneliti dengan latar akademis masing masing. Sebagian memandangnya dari perspektif teologi-politik, sebagian lagi mengarah pada perspektif filsafat. Namun, semua peneliti relatif memiliki kesimpulan yang sama bahwa dalam pandangan imam Khomeini, politik dan agama tak terpisahkan.
Buku yang ada di tangan Anda ini berusaha untuk lebih jauh membincangkan relasi etika (wajah lain dari agama) dan politik. Di dalamnya Anda akan menemukan bagaimana analisis penulis dalam menjelaskan penyataan pernyataan Imam Khomeini yang mempercayai bahwa tidak ada pemisahan antara etika dan politik. Di antara tema-tema yang dibahas dalam buku adalah sendi sendi etika dan akhlak, fitrah manusia, hakikat jiwa, kedudukan dunia dan akhirat, hingga persoalan kejujuran, keterbukaan pada kritik dan kezuhudan.
Diperkaya dengan aneka referensi dari berbagai disiplin keilmuan, Sayid Hasan Islami, sang penulis, berhasil membuktikan bahwa sesungguhnya dalam Islam, etika dan politik merupakan dua sisi dalam satu koin. Dengan pandangan seperti ini, pada dasarnya setiap orang menjalankan politiknya masing masing. Kesucian politik yang diembannya terkait erat dengan seberapa intens dia dalam memperbaiki jiwa, sebagai sumber etika dan akhlak. Karena, menurut Imam Khomeini, politik merupakan pancaran dan manifestasi etika, baik di tataran individu maupun sosial.


Categories: , .
Tags: , .

Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Sayyid Hasan Islami

    Penerjemah

    Ali Yahya

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Penerbit Citra

    Halaman

    367