All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Pengantar Menuju Logika

Pengantar Menuju Logika



Predikat interen yang memisahkan manusia dari lainnya (cair, padat, maupun gas) adalah ‘ke-berkembangan’-nya. Diferentia yang memisahkan manusia dari tumbuh-tumbuhan (yang bercabang maupun yang tidak) adalah ‘ke-berkeinginan-nya’. Sedangkan yang memisahkan manusia dari hewan adalah ‘ke-berakalan-nya’.
agar dapat menjalankan tugasnya sebagai spesies yang merupakan gabungan dari genus dan diferentia (hewan natiq) secara benar, tak pelak lagi kita perlu mempelajari dan menguasai cara memakai akal.
Logika atau Mantiq, sejak Aristoteles, telah disepakati sebagai alat pembeda antara benar dan salah, antara benar dan yang mirip benar dan antara salah dan yang mirip salah.
Problema sebagian besar umat manusia sejak dulu hingga kini bersumber dari kesalahan berfikir menyimpulkan, mengambil keputusan dan berbicara, sebagai konsekuensinya. Logika dirancang untuk melenyapkan sumber problema global tersebut.
Murtadha muthahhari, salah seorang murid Khomeini dan Thabataba’i: ulama intelektual yang telah menjadi trend pemikiran Muslim modern di seluruh dunia, kini, untuk kesekian kalinya, menggebrak dan membuat kita berdecak kagum dengan sebuah karyanya yang monumental “Pengantar Menuju Logika”.
Untuk sekedar informasi, buku ini lain dari biasanya karena diterjemahkan langsung dari bahasa ibu penulisnya yaitu Persia.
selamat membaca !


Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Murtadha Muthahhari

    Penerjemah

    Ibrahim Husein al-Habsyi

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    YAPI

    Halaman

    166