All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Pelangi Islam : Fatwa-Fatwa Ulama Besar tentang Keragaman Mazhab

Pelangi Islam : Fatwa-Fatwa Ulama Besar tentang Keragaman Mazhab



“Barangsiapa mengucapkan dua kalimat syahadat berupa kesaksian bahwa tiada tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah dengan hati yang tulus, maka dia telah menjadi muslim sehingga dia ikut merasakan apa yang menguntungkan maupun apa yang merugikan umat Islam…”

“Jika kita mengamati fikih dan ushul fikih mazhab-mazhab ini, kita dapat melihat bahwa perbedaan pendapat di antara mereka hanya terjadi sebatas kandungan (madhmun), bukan pada hal-hal yang sudah pasti (maqthu’), yang apabila diingkari maka kafirlah orang yang mengingkarinya. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Atas dasar ini, orang yang mengikuti dan mengamalkan mazhab manapun di antaa sekian mazhab Islam maka dia adalah seorang muslim yang benar…”

Kedua fatwa yag masing-masing berasal dari Dr. Yusuf Qardhawi (ulama Qatar) dan Dr. Ali Jum’ah (mantan Mufti Besar Mesir) di atas, yang merupakan cuplikan dari buku ini, sesungguhnya menunjukkan pengakuan keragaman Islam yang ibarat pelangi menawarkan keindahan. Fatwa ini seyogianya dijadikan panduan bagi muslim maupun agar tak gegabah dalam melihat perbedaan yang muncul di tengah-tengah Dunia Islam, baik dari aspek akidah maupun aliran fikih.

Buku Pelangi Islam ini berupaya mengetengahkan pandangan-pandangan para ulama besar dari berbagai mazhab menyangkut tiga persoalan mendasar : ragam mazhab fikih, kedudukan tasawuf dan posisi mufti dalam Islam. Disusun oleh Sayid Jalaluddin Mir Aghai buku ini menyampaikan sejumah informasi yang menarik dan refleksi yang menggugah dari para pembesar agama. Selamat menyimak!


Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Sayyid Jalaluddin Mir Aghai

    Penerjemah

    Musa Muzauwir

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Nur Al-Huda

    Halaman

    366