All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Madzhab Kelima

Madzhab Kelima



Sebagai ulama Syiah di era modern yang kapasitas keilmuan dan produktivitas karyanya sudah tak diragukan lagi, Muhammad Husain Thabathaba’i atau biasa dikenal sebagai Allamah Thabathaba’i kembali menulis buku yang telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan judul “Mazhab Kelima,” Sejarah, Ajaran, dan Perkembangannya.

Latar belakang penulisan buku ini, seperti dijelaskan oleh intelektual Muslim, Sayid Husein Nasr pada bagian prakata, adalah untuk menjawab berbagai syak wasangka yang dituduhkan oleh orientalis Barat mengenai ajaran Syiah. Menurut Nasr, dikarenakan minimnya kajian mendalam, terbatasnya referensi yang otoritatif serta aroma tendensi politis untuk menajamkan perbedaan mazhab, Syiah digambarkan oleh orientalis Barat sebagai sebuah sekte politik yang tidak terlalu berharga dipelajari, heterodoxy (menyimpang dari mainstream Islam pada umumnya), bahkan dicap sebagai heresy (ajaran menyimpang).

Ciri khas pemikiran Allamah terlihat kentara di buku ini. Ada dua keunggulan buku yang dapat disoroti dalam resensi ini. Pertama, selain menggunakan dalil primer nash Al-Qur’an dan hadis, baik dari sumber Syiah maupun Sunni, penulis sangat piawai menyandarkan argumennya dengan filsafat. Hebatnya, jika argumen filsafat seringkali terjebak pada penggunaan bahasa berat dan sulit dipahami pembaca awam, dalam buku ini Allamah mampu memakai bahasa sederhana. Inilah variabel pembeda “Mazhab Kelima” Allamah dengan buku-buku sejenis yang bersifat pengantar kajian ajaran Syiah. Sebagian besar buku pengantar yang ada, pada umumnya memberikan porsi lebih pada aspek ritual ibadah dan kurang menjelaskan aspek irfan. Kemungkinan ini disebabkan karena penulis buku bertema serupa tidak ingin menyulitkan pembaca pemula.

Secara keseluruhan, buku bersampul hardcover ini layak untuk dimiliki siapa saja yang hendak mempelajari Syiah terutama dari segi filosofis dan penting untuk mengenal perkembangan Syiah agar tidak mudah dijerumuskan oleh informasi keliru baik yang berasal dari akademisi orientalis Barat maupun oknum takfiri. Terlebih, otoritas Allamah Thabathaba’i dan kapasitas Sayid Husein Nasr sudah cukup membuat buku ini tak diragukan lagi sebagai buku pengantar yang layak masuk kategori.


Categories: , .
Tags: , , .

Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Prof. Muhammad Husein Thabathaba’i

    Penerjemah

    Ali Yahya

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Nur Al-Huda

    Halaman

    344