All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Kuliah-kuliah Tasawuf

Kuliah-kuliah Tasawuf



Akhir-akhir ini, perhatian masyarakat terhadap kajian tasawuf di negeri kita tampak semakin marak. Semangat yang demikian tanpa dibarengi dengan pemahaman yang cukup tentang tasawuf dapat menjerumuskan seseorang ke dalam kehidupan asketisisme yang keliru, yang sama saja dengan menghindari tanggung jawab sosial sebagai seorang Muslim. Untuk itulah kiranya beberapa lembaga kajian keislaman sering kali menyelenggarakan rangkaian kuliah-kulaih singkat tentang tasawuf dengan tujuan ikut meluruskan pandangan yang keliru tentang sufisme.
Buku ini merupakan hasil transkip dari rangkaian kuliah-kuliah tasawuf yang diselenggarakan oleh Yayasan Muthahhari selama rentang waktu tertentu. Ada perbedaan mendasar antara kajian-kajian tasawuf dalam buku ini dengan praktik-praktik tarekat yang cukup banyak tersebar di tanah air kita, yaitu bahwa yang disebut pertama lebih menekankan aspek tasawuf sebagai bagian dari hidup sehari-hari, bukan sekedar amalan-amalan atau ritus-ritus tertentu yang “ketat” walaupun keduanya sangat memperhatikan kualitas ruhaniah manusia sebagai “modal utama” dalam menempuh jalan sufi.
Buku ini terdiri dari tiga kajian: kajian mazhab yang berisi definisi dan pengertian tasawuf, kajian tentang tokoh-tokoh tasawuf beserta ajaran-ajarannya dan kajian amalian tasawuf.


Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Pustaka Hidayah

    Halaman

    220