All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Imam Mahdi: Penerus Kepemimpinan Ilahi

5.00

Imam Mahdi: Penerus Kepemimpinan Ilahi

5 out of 5 based on 1 customer rating


“Kematian orang yang tidak mengenal imamnya adalah kematian
jahiliah.”
(HR. Ahmad)
Melihat hadis di atas dan puluhan hadis lainnya, mayoritas ulama bersepakat tentang posisi fundamental imamah. Namun, bagi sebagian orang, membicarakan imamah berarti memasuki “area terlarang” karena berkaitan dengan kemelut kepemimpinan pasca-Rasulullah saw dan mengarah kepada kasus-kasus sejarah yang telah “dipetieskan” dan tokoh-tokoh yang “tak tersentuh”. Tak aneh jika kemudian muncul apologi dan justifikasi bahwa memikirkan “persatuan” umat Islam lebih urgen daripada membuka “luka lama”.

Dalam buku yang berjudul asli Ulghuhoye Fadhilat ini, Ayatullah Amini ―yang juga menulis buku Imam Mahdi Penerus Kepemimpinan Ilahi (Al-Huda, 2002), menjelaskan keniscayaan eksistensi seorang imam pada setiap zaman. Tidak seperti ulama lain yang hanya bersandarkan kepada dalil-dalil naqliyah (al-Quran dan sunnah), Ayatullah Amini, dengan bahasa yang sederhana, memaparkan pembahasan yang cukup pelik ini melalui argumentasi-argumentasi aqliyah ‘rasional’. Hal ini dapat dipahami karena bagi Ayatullah Amini, sebagaimana juga dianut teologi Syiah, akidah (yang di dalamnya terdapat imamah) adalah sesuatu yang harus diyakini secara rasional.
Pendek kata, buku ini sangat layak untuk dibaca setiap Muslim yang peduli terhadap nestapa umat Islam yang hingga kini ―sejak wafatnya Rasulullah saw― belum pernah menikmati dan memanfaatkan seoptimal mungkin kasih sayang Allah berupa kehadiran seorang pembimbing, pemimpin, penegak kebenaran dan keadilan, serta penolong, yaitu imam.
Selamat membaca!


Categories: , .
Tags: , , .

Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Ibrahim Amini

    Penerjemah

    Arif Mulyadi

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Nur Al-Huda

    Halaman

    346