All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Imam Borujerdi : Fakih Perintis Persatuan Muslimin

Imam Borujerdi : Fakih Perintis Persatuan Muslimin



Bersatunya umat Islam di seluruh dunia adalah cita-cita para ulama dan intelektual muslim. Ini tidak berarti bahwa mazhab-mazhab Islam harus mengabaikan rukun iman dan rukun Islam mereka demi persatuan, mengeluarkan ciri yang menjadi ciri semua mazhab, dan mengesampingkan kekhasan mazhab. Persatuan yang dimaksud tak lain adalah pendirian untuk tidak menjadi ikhtilaf sebagai bidang perpecahan, alasan unuk bercerai berai, faktor untuk saling menghasut da pemicu rasa permusuhan dan kebencian satu sama lain.
Di antara ulama yang mengajukan gagasan mulia persatuan Islam di zaman kita, yang paling menonjol adalah almarhum Ayatullah Borujerdi dan Imam Musa Shadr dari kalangan Syiah, serta Allamah Syekh Abdulmajid Salim dan Allamah Syekh Mahmud Syaltut dari kalangan Sunni. Mereka ini memperjuangkan agar berbagai mazhab, meskipun teologinya berbeda di sana-sini, membentuk barisan bersama untuk menghapi musuh-musuh berbahaya Islam berdasarkan benyakanya kesamaan di antara mazhab-mazhab. Mereka tak pernah dengan mengatasnamakan Islam, mengusulkan ketunggalan religius yag tidak praktis.
Buku ini mengupas jejak-rekam dan kontribusi instpiratif Imam Borujerdi dalam upaya memunculkan pemusatan tujuan (perhatian) di antara semua kelompok atau mamzhab sehingga timbullah kelembutan, cinta, saling menyayangi dan ketulusan di antara mereka. Dengan demikian, semua kelompok bisa bergandeng tangan melawan musuh-musuh Islam. Dari sini, pembaca dapat melihat betapa relevannya buku ini dipelajari oleh Muslimin Indonesia yang saat ini kemajemukannya tengah digoda oleh gerakan-gerakan tertantu.

Categories: , .
Tag: .

Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Abdurrahim

    Penerjemah

    Unknown

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Penerbit Citra

    Halaman

    192