All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Fatwa fatwa Jilid 2

Fatwa fatwa Jilid 2



Dalam al-Quran, Allah Swt senantiasa menyandingkan iman dengan amal. Hal itu menunjukkan bahwa keduanya tidak bisa dipisahkan apalagi dibenturkan. Iman adalah muatan teoritis agama, sedangkan amal merupakan muatan praktisnya. Amal, mempunyai dua dimensi: batin dan lahir. Amal batin berada dalam domain akhlak, sedangkan amal lahir diatur oleh syariat.
Fikih islam mengajarkan bahwa seorang mukallaf yang tak mampu berijtihad, hendaknya dalam melakukan amal lahiriah menngikuti (bertaqlid) fatwa mujtahid yang memenuhi syarat. Dengan bertaqlid, maka beban syar’I (dzimmah) seorang muqallid terlepas dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab syar’I mujtahid yang memfatwakannya.
Buku yang hendak Anda baca ini merupakan himpunan fatwa jilid 2 dari Ayatullah al-Uzhma Imam Ali Khamene’i―seorang mujtahid kontemporer yang memenuhi syarat―menyangkut persoalan muamalah, baik yang klasik maupun yang kontemporer. Beberapa persoalan fiqih yang dibahas dalam buku ini mencakup persoalan jual-beli, bayi tabung, operasi ganti kelamin, aborsi, otopsi dan cangkok organ. Lebih dari 300 permasalahan fikih dikupas dalam Fatwa-fatwa Jilid 2 ini.
menyusul Fatwa-fatwa Jilid 1 yang sudah terbit, al-Huda berharap penerbitan buku fiqih ini dapat memperkaya khazanah fiqih di Nusantara. Dengan membaca buku ini, pembaca akan menemukan sebuah fiqih yang orisinal namun tidak rigid, toleran namun tidak permisif, dan rasional namun tidak membingungkan. Fiqih model inilah yang diperlukan di Tanah Air.
Selamat membaca dan mengamalkan !


Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Sayyid Ali Khamane’i

    Penerjemah

    Muhsin Labib

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Nur Al-Huda

    Halaman

    452