All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

Cakrawala Syiah

Cakrawala Syiah



Meski sudah setua Islam itu sendiri, mazhab Syi’ah Imamiyah masih sering disalahpahami bahkan dianggap sesat oleh sejumlah kalangan. Lebih jauh lagi, mereka memvonis kafir kepada mazhab Syi’ah. Demi menjelaskan autensitas mazhab, para ulama dan sarjana Syi’ah telah melakukan berbagai riset dan menuliskan hasilnya secara gamblang tentang eksistensi mazhab tersebut kepada khalayak. Termasuk di antaranya penulis buku Cakrawala Syi’ah ini : Muhammad Ali Shomali.

Keprihatinan atas sejumlah karya yang analisisnya tidak mendalam, metodenya tidak terarah, dan adanya unsur fanatisme, telah mendorong dosen the Islamic College London ini untuk menuliskan buku tentang Syi’ah dengan perspektif anyar. Sesuai dengan judulnya, buku ini akan memaparkan kompleksitas ajaran Syi’ah Imamiyah secara ringkas tetapi bernas, yang disajikan dalam enam bab : pertama, penjelasan makna lesikal dan terminologi “Syi’ah”; kedua, kajian sumber-sumber pemikiran Islam, yaitu al-Quran, Sunnah, akal dan ijmak; ketiga, menganalisis sebagian ajaran akidah Syi’isme; keempat, laporan ringkas dari cabang-cabang ilmu dan filsafat yang terpenting;kelima, berbincang tentang tiga ciri penting Syi’isme, yaitu spiritualitas, rasionalitas dan keadilan; serta keenam, membahas secara ringkas dua kondisi kontemporer dunis Syi’isme.

Diharapkan, buku ini bisa menjadi langkah kecil untuk menggapai persaudaraan Islam, yang salah satu sarana terbaiknya adalah saling mengenal secara benar di antara kaum muslimin.


Categories: , .
Tags: , .

Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Muhammad Ali Shomali

    Penerjemah

    Unknown

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Nur Al-Huda

    Halaman

    222