All for Joomla All for Webmasters
« Return to Previous Page

21 Nasihat Abadi Penghalus Budi 2

21 Nasihat Abadi Penghalus Budi 2



Masalah akhlak dan etika senantiasa menjadi misi diturunkannya para utusan Ilahi setelah tauhid. Sejak Nabi Adam as hingga Nabi Muhammad saw perhatian pada masalah tersebut tidak pernah berkurang. Risalah terakhir yang dibawa Rasulullah saw, Al-Quran, sesungguhnya lebih banyak memuat pengajaran akhlak daripada syariat. Sebagian ulama menyebutkan hal ini seakan menunjukkan bahwa Allah Swt sendiri menginginkan manusia agar memerhatikan akhlak dan etika.
Salah satu dokumentasi Islam terkait dengan tema akhlak adalah surat wasiat Ali bin Abi Thalib kepada putranya, Hasan Mujtaba, sebagaimana yang terekam dalam buku Nahj al-Balaghah (Surat ke-31). Wasiat ini kemudian menjadi perhatian para ulama sejak dulu, sehingga mereka menulis syarah atau ulasan terhadap surat wasiat ini.
Buku yang ada di tangan Anda ini, 21 Nasihat Abadi Penghalus Budi: Buku Pertama, merupakan komentar dan penjelasan Prof. Muhammad Taqi Mishbah Yazdi terhadap kandungan surat tersebut. Tema-tema yang dibahas dalam buku kedua ini mencakup metode hidup, kawan yang baik, penyakit hubungan sosial, penjagaan hati, adab pertemanan hingga persoalan keutamaan dan kerendahan akhlak.
Ketajaman analisis penulis sebagai ulama filsuf abad kini akan mengantarkan pembaca pada kesimpulan bahwa nasihat abadi ini memang pantas dijadikan resep penghalus budi. Nasihat lahir dari insan maksum bisa digolongkan sebagai nasihat yang berwatak universal. Siapa pun bisa menikmatinya.


Categories: , .
Tag: .

Pilih Buku

icon-indonesia
icon-inggris
icon-arab
icon-parsia

  • Lihat Buku

    Lihat Buku

    Silakan login / registrasi untuk melihat buku. Terimakasih.

  • Info Buku

    Info Buku

    Penulis

    Muhammad Taqi Misbah yazdi

    Penerjemah

    Abdillah Ba’abud

    Bahasa

    Indonesia

    Penerbit

    Penerbit Citra

    Halaman

    289